Kenapa Kerupuk Akan Mengeras Jika Terkena Air

Kemarin DimDim bertanya kesaya sembari makan dan mengamati kerupuk udangnya yang menjadi keras terkena kuah bayam

DimDim    : "Mama, kenapa kerupuk menjadi keras kalau kena air?"
Saya          : "iya, karena ada tepungnya" ---toenkkkkkkk, nyadar jawaban saya dodol banget
                    "besok Mama cari tahu alasan tepatnya ya"

Hari ini saya langsung ubek2 google, karena secara otak saya lagi males mikir, wakakakakakak
lalu baca artikel sana sini, dan beginilah hasilnya

Kerupuk itu salah satu jenis makanan yang memiliki rongga atau pori yang kecil dan banyak.
Kenapa? karena saat proses pembuatan kerupuk, kerupuk melalui proses penjemuran dan penggorengan, ini mengakibatkan kerupuk memiliki rongga2 yang banyak (secara kimia, ikatannya menjadi rapuh).

Kerupuk akan mudah leyot atau melempem jika terkena air atau udara.
Karena udara sebenarnya mengandung uap air. Jika udara dan air ini bereaksi dengan kerupuk, maka senyawa ini akan mengisi rongga-rongga yang ada didalam kerupuk, dan reaksi inilah yang akan membuat rongga2 pori kerupuk menjadi penuh dan mengeras. karena apa? ya karena penuh

Tambahan lagi, kandungan garam yang ada didalam kerupuk, menjadikannya kerupuk bersifat higroskopis, yaitu mudah menyerap air.

hmmm....saya rasa tidak begitu sulit menjelaskan ini ke anak2, tentunya disertai dengan praktek (yang artinya mereka malam ini makan kerupuk lagi) dan coretan2 kecil reaksi kimianya (saya kudu nyontek mbah google, hahahaahhaha)

belajar itu bisa kapan saja dan dimana saja

semangat!!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biaya Sekolah di Daerah Bintaro dan sekitarnya

Dimas Ibrahim Putra Sardjoeri